Sunday, June 25, 2017

Jangan Takut Gemuk Saat Lebaran Tiba

jangan takut gemuk karena lebaran


Jangan Takut Gemuk Saat Lebaran Tiba - Setelah sebulan penuh berpuasa menahan haus dan lapar, tibalah hari yang dinanti yaitu Hari Raya Idul Fitri atau orang Indonesia menyebutnya lebaran. Saat ramadhan Kamu dituntut untuk tidak makan dan minum mulai dari subuh sampai tiba waktu magrib. Hal ini membuat pola makan dan metabolisme tubuh berubah.

Mayoritas orang yang menjalankan puasa akan kehilangan beberapa kg berat badannya atau berkurang karena pola dan porsi makan. Namun ada juga yang badannya bertambah lebar karena salah pola makan.

Kebanyakan masyarakat Indonesia akan merayakan lebaran bersama keluarga dengan masak beraneka macam makanan. Mulai dari makanan khas lebaran yaitu ketupat, opor, rendang, hingga makanan ringan seperti nastar.

Tradisi di Indonesia sendiri ada yang namanya halal bihalal bersilaturahmi untuk mohon maaf. Untuk itu banyak rumah yang menyediakan makanan untuk menjamu tamu. Pasti Kamu akan tergiur melihat banyaknya makanan di hari lebaran. Terlebih setelah sebulan penuh berpuasa.

Nah, untuk mengantisipasi melebarnya badanmu karena porsi makan yang berlebihan, berikut hal yang mencegah badanmu berubah menjadi gemuk.


1. Selalu sarapan tepat waktu

Faktor terjadinya kegemukan juga karena tidak sarapan di pagi hari. Sebelum berangkat ke masjid untuk menunaikan salat Ied, sebaiknya isi perutmu dengan makanan.

 Sarapan memang baik karena akan memberikan tenaga untuk menunjang aktivitasmu. Utamakan nasi daripada roti, meskipun sedikit namun lebih baik daripada tidak. Terlebih lagi dengan sarapan akan menunda laparnu lebih lama.


2. Jangan langsung makan cemilan

Banyak orang yang menganggap makan berat seperti opor dan ketupat membuat badan menjadi gemuk. Untuk itu mereka hanya makan cemilan saja. Hal ini dianggap salah. 

Lebih baik Kamu makan berat terlebuh dahulu. Karena makan cemilanpun tidak akan membuatmu kenyak. Nastar, dan kue sebagainya banyak mengandung gula sehingga nafsu makan akan terpacu.


3. Jangan berlebihan dengan minuman manis

Minuman kemasan atau softdrink juga banyak bertebaran saat lebaran. Untuk Kamu yang takut gemuk, jangan terlalu banyak mengkonsumsinya. 

Karena di dalam kandungan minuman tersebut banyak mrngandung gula buatan dan kalori. Maka dari itu jangan lebay ya minumnya.


4. Sempatkan istirahat

Gemuk juga bisa karena kelelahan lho. Hari lebaran menjadi momen untuk bersilaturahmi dan memohon maaf dengan keluarga atau tetangga sekitar. Meski sibuk berkeliling halal bihalal dengan orang lainz sempatkanlah istirahat. 

Tubuh juga perlu recharge tenaga. Jangan karena terlalu semangat jalan-jalan bertemu keluarga dan menikmati hidangan lebaran, kondisi tubuhmu tidak diperhatikan.


Dengan kiat-kiat di atas, mulai dari sekarang jangan takut gemuk karena lebaran ya. 



photo by pixabay

2 comments:
Write comments
  1. KLO ngeliat makanan pngen NY nyicil truss. Perlu di praktekan nih. TKS yh

    ReplyDelete
  2. pengenya ga gemuk gan , cuman kadang opor ayam sama ketupat sayur ngajak fight mulu haha, nice artikel gan.

    ReplyDelete