Sunday, June 18, 2017

Dibalik Kesuksesan Finalis Tunggal Putra di BIOSSP 2017

podium tunggal putra indonesia open 2017
photo by PBSI



Meskipun Indonesia tidak menempatkan wakilnya di final tunggal putra Indonesia Open 2017 namun terdapat hal yang menarik di pertandingan antara Srikanth Kidambi dari India melawan Kazumasa Sakai dari Jepang. Meskipun bukan menjadi unggulan di pertandingan, mereka mampu melesat sampai ke final. Di balik semua itu ada peran penting pelatih asal Indonesia.

Srikanth Kidambi adalah pemain tunggal putra India yang dilatih oleh Mulyo Handoyo yang berasal dari Indonesia. Jika belun tau Mulyo Handoyo itu siapa, Dia adalah mantab pelatih Taufik Hidayat yang mengantarkannya juara Olimpiade Athena. Mulai dari tahun 2017, Mulyo Handoyo menjadi pelatih tunggal putra India dan dikontrak sampai 2020.

Menurut Mulyo Handoyo pemrograman latihan yang dia terapkan di India kurang lebih sama saat menangangi Taufik Hidayat dulu. Meskipun terdapat beberapa tahapan untuk mencapai titik tertinggi. Terlebih lagi terdapat 27 tunggal putra yang dia latih.

Selain itu Kazumasa Sakai juga pernah ditangani oleh pelatih dari Indonesia yaitu Hendri Saputra dan Kurbiahu. Dia pernah berlatih di klub Indonesia yaitu PB Tangkas Intiland saat berusia 18 tahun selama tiga tahun. Tak ayal dia juga fasih berbahasa Indonesia.

Dalam pertandingan final tunggal putra BIOSSP 2017 ini Srikanth Kidambi memenangi laga dengan skor 21-11 21-19.

No comments:
Write comments