Tuesday, February 21, 2017

Inilah 11 Mobil Karya Mahasiswa Indonesia

mobil inovasi anak bangsa



Banyak mahasiswa Indonesia yang mempunyai kreativitas tinggi sehingga dapat menciptakan sebuah mobil inovasi. Apalagi karya anak bangsa tersebut telah memenangi berbagai macam kompetisi lokal maupun internsional. Berikut ini 11 mobil karya mahasiswa Indonesia.


1. Lowo Ireng Super Car

Mobil Lowo Ireng ITS

Mobil Lowo Ireng merupakan mobil buatan mahasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh November). ITS sendiri telah banyak membuat mobil dari tangan dingin mahasiswanya. Desain dari mobil ini dianggap mirip dengan mobil yang ditunggangi Batman dalam filmnya. Latar belakang dinamai Lowo Ireng karena dalam pengerjaannya, mahasiswa melakukannya di malam hari. Lowo Ireng sendiri merupakan kata dari bahasa Jawa yang artinya kelelawar hitam atau dalam bahasa Inggris yaitu Black Bat. Komponen mobil ini 90 % merupakan produk dalam negeri. Mobil dengan berat 900 kg dapat memuat dua penumpang. Warna dominan hitam yang melekat di badan  mobil, membuat kesan lebih elegan.

2. Semar

Mobil Semar UGM

Mobil buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada ini merupakan mobil dengan ukuran kecil. Mobil ini telah memenangi kompetisi Shell Eco Marathon 2011 di Malaysia. Dari tahun ke tahun mobil ini mengalami modifikasi dengan pengurangan berat chasisnya. Pengurangan itu membuat bahan bakar yang dipakai lebih hemat dan kemampuan aerodinamisnya lebih baik.

3. Bimasakti

Mobil Bimasakti UGM

Bimasakti juga salah satu mobil besutan mahasiswa UGM. Mobil dengan kapasitas 1 penumpang ini Pernah ikut kompetisi internasional di Jepang. Desain mobil Bimasakti ini terlihat seperti mobil sport dengan ban yang besar. Warna hitam yang dominan dengan moncong depan yang panjang membuat mobil ini terlihat gagah.

4. Mushika

Mobil Mushika UI

Desain mobil ini hampir mirip dengan mobil Bimasakti buatan mahasiswa UGM namun berbeda di bagian warna badan mobilnya yang merah. Mobil dengan berat 220 kg ini pernah ikut dalam kompetisi Society Automotive Engineering di Jepang. Mobil dengan tenaga 600 cc ini mampu melesat dengan cepat.

5. Garuda F15

Mobil Garuda F15 UNY

Garuda F15 merupakan buatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan tipe mobil balap. Badan mobil ini sedikit lebih kecil daripada mobil Mushika. Badan mobil ini dilapisi dengan warna putih dengan tulisan almamater di moncong depannya.

6. Malem Diwa

Mobil Malem Diwa Unsyiah

Universitas Syiah Kuala juga meluncurkan mobil mereka dengan nama Malem Dewa. Mobil ini dirancang oleh mahasiswa teknik mesin Unsyiah. Mobil dengan ukuran kecil ini merupakan kategori mobil hemat energi dan ramah lingkungan.

7. Sapu Angin

Mobil Sapu Angin ITS

ITS telah membuat banyak mobil dengan konsep yang berbeda-beda. Sapu angin merupakan mobil yang hemat energi karena dapat menempuh jarak 300-1000 km hanya dengan 1 liter bahan bakar. Pengerjaannya digarap oleh mahasiswa teknik mesin ITS.

 8. Ezzy 1 dan Ezzy 2

Mobil Ezzy 1 ITS

Mobil ini merupakan kategori mobil ukuran besar dengan tenaga listrik. Tenaga baterainya mampu bertahan sampai 3 jam dengan kecepatan sampai 150km/jam. Mobil ini pernah menjalani tes uji kelayakan di Jakarta dan berangkat dari Surabaya.

9. Widya Wahana V

Mobil Widya Wahana V ITS

Mobil dengan tenaga surya ini merupakan besutan Institut Teknologi Sepuluh November. Mobil ini bernah berkompetisi dalam ajang World Solar Challenge di Australia. Mobil dengan desain klasik ini dapat  melaju sampai 60km/jam

10. Khatulistiwa Line

Mobil Khatulistiwa Line

Seperti namanya, mobil ini merupakan besutan Politeknik Negeri Pontianak  yang berada di daerah garis katulistiwa. Mobil dengan tenaga 35cc ini merupakan kategori mobil prototipe.

11. Nakula dan Sadewa

Mobil Sadewa

Mobil ini berjenis prototipe diusung oleh Universitas Indonesia. Nakula menggunakan mesin 115cc untuk penggeraknya dan Sadewa menggunakan mesin 125cc.

12. Cikal Nusantara dan Rakata

Mobil Cikal Nusantara


Mobil prototipe buatan ITB ini bertenaga 110 cc dengan bahan alumunium untuk chasisnya dan serat karbon untuk badan mobilnya.Mobil ini juga pernah berkompetisi di SEM.

1 comment:
Write comments
  1. Wah hebat, Terbukti Indonesia siap mencipatakan Product terbaik. Indonesia Hebat.

    ReplyDelete