Wednesday, June 28, 2017

Suka Duka Saat Jadi Mahasiswa Baru

suka duka saat jadi mahasiswa baru


Suka Duka Saat Jadi Mahasiswa Baru - Bagi mahasiswa baru atau biasa dikenal dengan maba pasti akan menemui hal-hal yang baru saat pertama kali menginjakkan kaki di kampusnya. Bahkan sebelum menjadi mahasiswa pun Kamu disibukkan untuk persiapan menjadi mahasiswa kampus. Banyak lika-liku yang dialami.

Kuliah memang menjadi salah satu pilihan untuk menapaki cita-cita agar kelak menjadi sukses. Dengan tujuan tersebut Kamu butuh perjuangan. Salah satunya dengan menjadi mahasiswa di universitas dengan prodi yang Kamu inginkan.

Di mana ada tempat baru di situ pula ada hal baru juga. Begitu pula dengan Kamu saat masuk pertama kali menjadi mahasiswa di universitas. Tentunya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri. Tak ayal banyak suka dukanya menjadi mahasiswa baru. 

Mungkin setiap mahasiswa mempunyai pengalaman baik maunpun buruk yang berbeda-beda. Untuk itu akan dirangkum mengenai suka duka saat menjadi mahasiswa baru berdasarkan pengamatan dan cerita dari beberapa mahasiswa baru.


1. Anak rantau sibuk cari kos-kosan

kos anak kuliah

Bagi mahasiswa baru yang tempat tinggalnya jauh sudah pasti akan memilih untuk ngekos. Untuk yabg satu ini memang harus pinter-pinter cari kos-kosan yang cocok dengan budget dan fasilitas yang cukup. Yang penting sih nyaman buat ditempatin. Buat apa mahal-mahal tapi masalah keamanan dan fasilitas seadanya.

Selain itu memilih tempat kos yang strategis supaya saat Kamu butuh apa-apa langsung cepat. Sudah pasti kan yang cari kos bukan cuma Kamu saja, tapi banyak maba lainnya yang juga cari kosan. Untuk itu jangan terlalu mepet waktu cari kos-kosan dengan waktu masuk pertama kali kuliah.

2. Lingkungan baru dengan teman yang baru

tempat kampus baru

Pasti Kamu akan menemukan banyak hal baru yang dulu tidak ada saat masa SMA. Kamu juga akan bertemu banyak teman dari berbagai daerah dan latarbelakang berbeda. Mungkin saat awal mulai masuk kuliah belum banyak mengenal satu sama lain, tetapi dengan seiringnya waktu pasti akan mempunyai teman akrab. Ada juga yang membuat suatu geng perkumpulan dan sebagainya. 

Kehidupan anak kuliah memang berbeda, Kamu bebas mengekspresikan dirimu dengan apa yang Kamu suka. Untuk itu pilihlah pergaulan yang baik dikalangan mahasiswa. Karena biasanya mahasiswa baru masih labil dalam mengambil keputusan dan ikut arus perkembangan.

3. Masa-masa saat menjalani ospek

masa orientasi mahasiswa baru

Masa orientasi merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan guna pengenalan terhadap lingkungan kampus. Biasanya terdapat tiga ospek dalam kuliah yaitu ada ospek universitas, fakultas, dan jurusan. Bisa dibilang ospek ini susah susah senang. 

Menurut cerita sih ospek jurusan yang paling berkesan dan membekas. Tau sendiri kan ospek jurusan lebih detail dalam segi hal kedisiplinan dan tanggung jawab ketimbang dua ospek yang lainnya.

Ospek ini pasti bakalan menyita waktumu karena cukup banyak yang harus kamu persiapkan, mulai dari atribut sampai tugas dari para senior. Untuk itu pintar-pintar bagi waktumu saat masa-masa ospek.


4. Banyak yang pacaran awal semester

mahasiswa hubungan spesial

Bagi kebanyakan mahasiswa, semester awal menjadi sarana untuk mengenal satu sama lain. Tak ayal karena di semester ini jadwal kuliahmu masih senggang. Kesempatan ini tak disia-siakan oleh beberapa maba untuk ajang cari pacar atau gebetan.

Mungkin jika Kamu berkomitmen dengan kuliahmu tak menjadi masalah jika ingin menjalin hubungan dengan cewek kampusmu. Itung-itung sambil menyelam minum air.


photo by pixabay

4 comments:
Write comments
  1. aduhhh gua banget nih, tips jadi mahasiswa hemat share juga dong kalo ada

    ReplyDelete
  2. pen jadi mahasiswa, tapi males diospek dlu :'v

    ReplyDelete
  3. Momen yang pas nih... Sayang ana ndak lulus PTN

    ReplyDelete
  4. mantap nie blogny gan, kasih iklan jadi joss nie,, salam ahh "depreso blogspot"

    ReplyDelete