Monday, March 6, 2017

5 Olahraga Ekstrim Ini Tantang Adrenalinmu


Olahraga merupakan suatu kegiatan yang bisa membuat tubuh kita menjadi sehat. Terlebih lagi jika kita berkutat pada pekerjaan yang membuat pikiran tidak rileks, melakukan olahraga akan membuat tingkat stress kita berkurang. Tapi apa jadinya jika kegiatan olahraga itu malah terlihat membahayakan dan menantang adrenalin kita? Apa saja kegiatan olahraga itu? Berikut ini 5 olahraga ekstrim yang perlu kamu tahu

1. Marathon Des Sables (MDS)

olahraga ekstrim marathon di gurun
sidetracked.com

Berbeda dengan marathon biasanya, Marathon Des Sables merupakan lomba lari marathon yang dilakukan di gurun. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya.

 Lomba ini dilaksanakan di Gurun Sahara, Maroko setiap tahun sekitar bulan April. Tidak kurang dari 10 ribu orang yang ikut ambil bagian dalam lomba marathon ini. Jarak yang ditempuh juga tidak dibilang pendek, yaitu sekitar 251 km dalam waktu 6 hari.

Apalagi dengan suhu udara ekstrim yang bisa mencapai 40 derajat celsius di siang hari dan 10 derajat celsius di malam hari. Hal ini membuat para atlet lari lebih cepat lelah. Marathon ini tidak dianjurkan bagi kamu yang mempunyai riwayat jantung lemah.

2. Slackline

olahraga ekstrim slackline di tebing tinggi
theodysseyonline.com

Olahraga ini masih sedikit peminatnya di Indonesia, meskipun ada juga komunitas hobi slacklining. Slackline sendiri merupakan olahraga yang menitikberatkan dalam keseimbangan.

Seseorang akan  naik ke atas tali yang dibentangkan dari satu sisi ke sisi yang lain. Kemudian melewatinya dengan ketinggian tertentu. Untuk melakukan ini, seseorang harus berkonsentrasi penuh agar keseimbangannya terjaga. Apalagi jika melakukannya di tempat yang tinggi seperti tebing.

Untuk pemula, mungkin membutuhkan bantuan keseimbangan seperti tongkat panjang yang dibentangkan horisontal yang dipegang di depan dada. Namun, ada juga ahli slackline yang
melakukannya tanpa menggunakan pengaman di ketinggian tertentu.

3. Rock Climbing

olahraga ekstrim panjat tebing
pixabay.com

Rock climbing atau yang biasa dikenal dengan panjat tebing merupakan salah satu olahraga yang masuk daftar olahraga ekstrim. Kenapa bisa dibilang demikian? Karena dalam melakukan panjat tebing dibutuhkan keberanian untuk menaklukan bebatuan yang tinggi.

Dalam hal ini, kamu perlu kekuatan, kelentukan, dan daya tahan tubuh yang kuat karena usaha yang diperlukan untuk memanjat lebih besar. Ini karena, usahamu akan berlawanan dengan gaya gravitasi bumi. Saat pemanjatan juga dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Salah pijakan saja membuat kamu terpeleset.

Jangan sekali-kali meremehkan olahraga seperti ini. Meskipun kelihatannya sepele, namun harus menggunakan peralatan panjat tebing yang bertujuan untuk keamananmu saat memanjat.

4. BMX

sepeda balap BMX
pixabay.com

Olahraga ini berkaitan dengan bersepeda. Namun sepeda yang digunakan berbeda dengan seperti biasanya. BMX menggunakan sepeda yang dirancang khusus berukuran lebih kecil.

Dengan ban ukuran 20 inci memudahkan kamu mengemudikannya. Terdapat dua variasi permainan dalam bersepeda BMX yaitu balap dan freestyle. Bagi kamu yang ingin menantang adrenalin, mungkin freestyle BMX adalah pilihan yang tepat.

Meskipun menyenangkan, kamu perlu memakai pengaman seperti helm, sepatu, pelindung siku dan lutut untuk menghindari cedera. Apalagi dalam permainannya banyak mengandalkan jumping hingga rol.

5. Wingsuiting

wingsuiting extreme sport
outsideonline.com
Olahraga ini menjadikan kamu bisa terbang di udara dengan bantuan jumpsuit yang didesain sedemikian rupa agar bisa untuk terbang. Olahraga ini membutuhkan nyali yang besar. Oleh karena itu bagi kamu yang tidak mempunyai nyali, jangan coba-coba melakukan olahraga ini.

 Ekstrimnya lagi kamu akan merasakan bagaimana rasanya bernafas di udara dengan kecepatan udara yang berubah-ubah. Di atas sana kamu bisa beratraksi bebas. Kamu juga bisa membuat formasi unik bersama dengan rekanmu. Namun hanya para ahli skydriver sajalah yang boleh melakukan olahraga ini.

2 comments:
Write comments