Melamar Pekerjaan |
Dari tahun ke tahun banyak sekali orang yang mencari
pekerjaan. Namun tidak sedikit juga yang gagal karena beberapa hal. Bisa juga
mendapat pekerjaan namun berhenti di tengah jalan karena merasa tidak cocok
dengan apa yang mereka inginkan. Anda harus memilih pekerjaan yang sesuai
dengan minat, keahlian dan kepribadian Anda. Bagaimana caranya mengetahui
pekerjaan itu cocok dengan apa yang kita inginkan?
1. Pilih pekerjaan yang menurut Anda spesifik
Pertama kali yang Anda pikirkan dalam memilih suatu
pekerjaan yaitu berapa besar gajinya. Tentu setiap orang ingin mendapat gaji
sesuai keinginan mereka. Tapi apakah Anda pernah berfikir apakah pekerjaan itu
cocok dengan kepribadian kita? Anda juga harus mempertimbangkan apakah
lingkungan pekerjaan itu cocok dengan kita? Bagaimana dengan orang-orang
didalamnya? Anda harus pikirkan itu. Jangan prioritaskan gaji terlebih dahulu.
Mungkin bisa saja Anda tipe orang yang bekerja secara independen atau bekerja
dalam tim. Semua inilah yang perlu Anda garis bawahi. Mengeliminasi pilihan
pekerjaan yang tidak spesifik dengan kepribadian Anda.
2. Mengetahui kelemahan dan kelebihan diri sendiri
Setiap manusia dilahirkan dengan keahlian masing-masing.
Anda pun juga mempunyai kelemahan dalam diri Anda. Namun dibalik semua
kelemahan itu, ada kelebihan yang tidak dipunyai orang lain. Anda perlu
mengetahui apa yang menjadi kekuatan dalam diri Anda yang kemudian menjadi
keahlian Anda dalam suatu bidang tertentu. Misalnya Anda ahli dalam public speaking dan selalu aktif, pekerjaan
yang memungkinkan untuk Anda yaitu sebagai pengacara, penyiar, atau sebagainya
yang menuntut Anda untuk aktif berbicara, bukan duduk manis berjam-jam di depan
komputer sebagai orang kantoran.
3. Belajar dari pengalaman masa lalu
Kegagalan merupakan proses menju keberhasilan. Begitulah
dengan memilih pekerjaan. Pernah Anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan
namun berhenti karena merasa tidak sesuai dengan kepribadian Anda. Maka pada
waktu yang akan datang, Anda tidak akan memilih pekerjaan itu lagi dalam list
pilihan pekerjaan. Anda juga belajar dengan pengalaman itu, kenapa Anda tidak
cocok dengan pekerjaan itu. Apakah karena manajemennya, lingkungannya, atau
yang lainnya.
4. Berkomunikasi baik dengan setiap orang
Dalam seleksi masuk kerja, biasanya terdapat tes wawancara. Tujuan
tes wawancara ini agar mengetahui tentang diri Anda. Oleh karena itu, jawablah
semua pertanyaan dengan gaya bahasa yang baik dan mengalir. Hal ini juga
dinilai untuk mengetahui ketrampilan komunikasi Anda, dan menjadi pekerja yang
baik. Keterampilan komunikasi merupakan salah satu kualifikasi untuk sebagian
besar pekerjaan.
wah makasih mas infonya,jadi tau deh harus milih apa
ReplyDelete