Monday, February 20, 2017

Cara Memilih Pekerjaan sesuai dengan Kepribadian Anda

Melamar pekerjaan sesuai keahlian
Melamar Pekerjaan



Dari tahun ke tahun banyak sekali orang yang mencari pekerjaan. Namun tidak sedikit juga yang gagal karena beberapa hal. Bisa juga mendapat pekerjaan namun berhenti di tengah jalan karena merasa tidak cocok dengan apa yang mereka inginkan. Anda harus memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat, keahlian dan kepribadian Anda. Bagaimana caranya mengetahui pekerjaan itu cocok dengan apa yang kita inginkan?



1. Pilih pekerjaan yang menurut Anda spesifik

Pertama kali yang Anda pikirkan dalam memilih suatu pekerjaan yaitu berapa besar gajinya. Tentu setiap orang ingin mendapat gaji sesuai keinginan mereka. Tapi apakah Anda pernah berfikir apakah pekerjaan itu cocok dengan kepribadian kita? Anda juga harus mempertimbangkan apakah lingkungan pekerjaan itu cocok dengan kita? Bagaimana dengan orang-orang didalamnya? Anda harus pikirkan itu. Jangan prioritaskan gaji terlebih dahulu. Mungkin bisa saja Anda tipe orang yang bekerja secara independen atau bekerja dalam tim. Semua inilah yang perlu Anda garis bawahi. Mengeliminasi pilihan pekerjaan yang tidak spesifik dengan kepribadian Anda.

 


2. Mengetahui kelemahan dan kelebihan diri sendiri

Setiap manusia dilahirkan dengan keahlian masing-masing. Anda pun juga mempunyai kelemahan dalam diri Anda. Namun dibalik semua kelemahan itu, ada kelebihan yang tidak dipunyai orang lain. Anda perlu mengetahui apa yang menjadi kekuatan dalam diri Anda yang kemudian menjadi keahlian Anda dalam suatu bidang tertentu. Misalnya Anda ahli dalam public speaking dan selalu aktif, pekerjaan yang memungkinkan untuk Anda yaitu sebagai pengacara, penyiar, atau sebagainya yang menuntut Anda untuk aktif berbicara, bukan duduk manis berjam-jam di depan komputer sebagai orang kantoran.



3. Belajar dari pengalaman masa lalu

Kegagalan merupakan proses menju keberhasilan. Begitulah dengan memilih pekerjaan. Pernah Anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan namun berhenti karena merasa tidak sesuai dengan kepribadian Anda. Maka pada waktu yang akan datang, Anda tidak akan memilih pekerjaan itu lagi dalam list pilihan pekerjaan. Anda juga belajar dengan pengalaman itu, kenapa Anda tidak cocok dengan pekerjaan itu. Apakah karena manajemennya, lingkungannya, atau yang lainnya.



4. Berkomunikasi baik dengan setiap orang

Dalam seleksi masuk kerja, biasanya terdapat tes wawancara. Tujuan tes wawancara ini agar mengetahui tentang diri Anda. Oleh karena itu, jawablah semua pertanyaan dengan gaya bahasa yang baik dan mengalir. Hal ini juga dinilai untuk mengetahui ketrampilan komunikasi Anda, dan menjadi pekerja yang baik. Keterampilan komunikasi merupakan salah satu kualifikasi untuk sebagian besar pekerjaan.

1 comment:
Write comments