Thursday, May 18, 2017

Format MP3 akan Hilang, Ini Dia Penggantinya

Format MP3 akan ditiadakan

Format MP3 akan Hilang, Ini Dia Penggantinya - Format MP3 merupakan file audio yang telah di gunakan banyak orang. Awal kemunculannya pada tahun 1980 an telah merubah kemajuan teknologi karena filenya yang relatif kecil. Di Indonesia, MP3 sangat populer pada tahun 2000 an karena banyak file musik yang menggunakan formatnya. Terlebih lagi format MP3 dapat memindahkan file musik dengan jumlah ratusan dengan kapasitas tidak sampai 1000 MB.

Namun sekarang keberadaan MPEG-1 Audio Layer tersebut akan dihilangkan. Pasalnya penemu dan pengembang format tersebut telah menghentikan lisensinya. Fraunhofer Institute for Integrated Circuits, selaku pengembang menyatakan akan menghentikan program format MP3 dan nantinya akan digantikan dengan format AAC.

Advanced Audio Coding atau AAC sendiri banyak digunakan pada layanan streaming. Hal ini dinilai karena AAC lebih efisien ketimbang MP3. AAC memiliki kualitas suara yang lebih baik ketimbang pendahulunya yaitu MP3. Layanan yang menggunakan format AAC antara lain iTunes dan Apple iPod.

No comments:
Write comments