Friday, April 28, 2017

Cara Menghilangkan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Cara Menghilangkan Nyeri Otot Setelah Berolahraga


Cara Menghilangkan Nyeri Otot Setelah Berolahraga - Seseorang mungkin akan mengalami rasa pegal atau nyeri setelah melakukan olahraga. Apalagi jika melakukannya dengan berlebihan, bahkan jika dilakukan tanpa pemanasan. Tubuh akan kaget karena kegiatan yang terforsir secara berlebihan.

Hal ini malah menyebabkan Kmau kehilangan masa otot. Ketika jaringan otot rusak, Kamu mungkin akan merasa nyeri dalam beberapa hari. Selain itu penumpukan asam laktat di beberapa bagian otot akan menyebabkan tubuhmu terasa pegal.

 Banyak penelitian yang mengungkapkan kenapa nyeri otot terjadi atau delayed onset muscle soreness (DOMS). Hasilnya menunjukkan bahwa itu merupakan hasil dari reseptor nyeri yang peka dengan respons inflamasi terhadap kerusakan jaringan otot.

Namun, tenang saja. Terdapat beberapa cara untuk memulihkan rasa nyeri otot setelah berolahraga sehingga Kamu bisa memulihkan kembali massa ototmu yang hilang dan bisa kembali berolahraga tanpa merasakan nyeri otot kembali.

1. Rehidrasi

Rehidrasi merupakan proses pemulihan air yang hilang akibat dari kegiatan olahraga yang mengeluarkan banyak cairan. Rehidrasi sangat penting setiap kali dehidrasi terjadi. Warna urinmu yang berwarna seperti jus apel merupakan tanda jika Kamu sedang dehidrasi. Maka cepat-cepatlah untuk mengganti cairan yang hilang di tubuh dengan meminum air mineral atau yang mengandung ion positif.

2. Pijat

Pijatan memang sering menjadi solusi untuk sekadar merileksasikan tubuh setelah kegiatan seharian. Betul memang, pijatan berguna untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mengendurkan otot-otot yang tadinya kaku dan menegang. Itu akan membantumu mengurangi rasa nyeri otot akibat olahraga. Akan tetapi, pijatlah bagian tubuhmu dengan teknik yang benar, jika tikak maka malah akan mencederai dirimu.

3. Mengompres

Ini berguna untuk pemulihan otot-otot dan memperlancar peredaran darah agar mengalir lancar ke seluruh tubuh. Selain itu mengompres dengan air dingin akan merilekskan bagian tubuh yang menegang. Akan tetapi, jangan mengompres menggunakan air dingin terlalu lama karena bisa menyebabkan pembuluh darah pecah.

4. Istirahat

Istirahat yang cukup akan membuat tubuh menjadi bugar kembali. Lakukanlah olahraga secukupnya saja dan jangan berlebihan. Tidur adalah hal yang paling baik untuk mengistirahatkan tubuhmu setelah kelelahan berolahraga. Dalam beberapa hari, pegal dan nyeri otot di beberapa bagian tubuh akan hilang dengan sendirinya.


image by pixabay

No comments:
Write comments